Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Minggu, 01 November 2009

tips belajar efektif

Tips Belajar Efektif

Beberapa Tips Agar belajar menjadi Efektif:

· Mengulang pelajaran yang telah diperoleh, kemudian membaca 2 halaman materi berikutnya untuk mencari kerangkanya saja sehingga, ketika pelajaran tersebut esoknya diterangkan oleh guru kita sudah memperoleh gambaran/dasarnya, tinggal menambahkan keterangan yang belum kita ketahui. Jadi,begitu kita pulang sekolah kita tinggal mengulang saja untuk mendapat kesimpulan dari materi yang telah kita pelajari tadi.

· Usahakan untuk berkonsentrasi penuh ketika guru sedang menerangkan agar materi yang didengar mudah diingat kembali ketika menghapfal ulang pelajaran.

· Coba untuk mengetik ulang catatan pelajaran ke dalam komputer. Logikanya, dengan mengetik ulang catatan berarti sama saja dengan membaca ulang pelajaran yang baru saja kamu dapat dari sekolah. Materi yang diulang tadi bisa tersimpan di memori otak buat jangka waktu yang lama. Lebih bagus lagi kalo kamu mau membaca kembali atau mempelajari catatan tersebut setelah diketik karen akan susah lupanya.

· Cara lain adalah dengan membaca ulang catatan pelajaran kemudian buat kesimpulan dengan kata-katamu sendiri. Supaya dapat terpatri lama di memori, tulis kesimpulan kamu tadi di secarik kertas kecil seukuran kartu nama. Kartu-kartu tersebut efektif untuk mengulang dan membaca singkat kala senggang.

· Selalu menggunakan buku catatan yang berbeda pada setiap mata pelajaran. Cara ini dinilai lebih teratur sehingga pada waktu ingin mengulang suatu pelajaran kita tidak perlu lagi harus membuka semua buku.

· Mengulang pelajaran tidak selamanya harus dengan membaca atau menulis. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuat kita selalu ingat akan materi tersebut. Bisa juga latihan untuk tanya jawab materi yang ingin dihafal. Bagusnya lagi, kita menjadi lebih paham akan materi tersebut. Karena masing-masing dari kita akan saling mengkoreksi jika ada jawaban yang salah atau menambah penjelasan yang belum diketahui saat kita belajar sendiri.

· Belajar mendadak menjelang tes memang tidak efektif. Paling tidak sebulan sebelum ulangan adalah masa ideal untuk mengulang pelajaran. Materi yang banyak bukan masalah. Caranya : selalu membuat ringkasan atau kesimpulan pada setiap pelajaran, kalau perlu pakai tabel atau gambar ilustrasi supaya mudah diingat.

· Ada beberapa diantara kita yang menyukai waktu belajar di siang hari. Maklum, badan masih segar setelah tidur cukup di malam hari, jadi semangat masih tinggi. Kondisi yang bagus tersebut jangan disia-siakan begitu saja. Pagi berkonsentrasi penuh pada pelajaran di kelas dan siangnya konsentrasi untuk mengulang kembali. Malam hari hanya digunakan untuk mengerjakan aktifitas ringan atau pekerjaan rumah. Jadi tidak pernah ada kata begadang.

· Kalau badan capek, akan susah untuk konsentrasinya, jadi menjelang ujian mid dan semester kurangi kegiatan fisik yang banyak membutuhkan tenaga agar stamina kita tetap terjaga saat ujian.

· Belajar sambil mendengarkan musik memanglah asik. Pilihlah musik yang tenang tapi menggugah. Musik klasik seperti Beethoven atau Mozart bisa dicoba. Musik tipe ini cocok sekali untuk teman selama kita mengerjakan tugas yang jawabannya sudah pasti, seperti matematika, ilmu alam atau bahasa asing. Dijamin stamina belajar kita akan selalu berisi dan penuh semangat.

Taken from : sma n 1 wonogiri.sch.id


SMA NEGERI 1 WONOGIRIJl. Perwakilan No. 24 Wonogiri Telp 0273 - 321512 Jawa Tengah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar